Kamis, 14 Januari 2010

Team Work


Berbicara masaalah Team work, bukanlah karena Kalender ataupun Agenda yang membuat Spirit Team-work menjadi lemah, namun karena adanya perbedaan yang membuat orang (barangkali) menjadi apatis (alah….masa bodoh sajalah, apa yang bisa saya kerjakan, akan saya kerjakan semampu saya, toh gaji tetap utuh dirterima setiap bulan).
Kadangkala dari luar Team-work tetap kompak dan solid, namun karena masih adanya budaya ewuh-pakewuh dan sedikit masih berbau feodal (mudah-mudahan tidak menjurus ke sukuisme), maka apa yang tersirat berbeda dengan yang terucap.

 Sebenarnya sikap kritis dan mau mengkritisi sesuatu, terutama tentang Perusahaan (juga Pimpinan) baik kebijakannya maupun pandangannya akan sangat besar manfaatnya bagi Perusahaan / Pimpinan itu sendiri asal yang mengkritisi itu dibarengi pula dengan solusi yang bisa dipertanggung jawabkan. Kita tidak diajarkan untuk selalu membebek, karena kita diberi akal dan pada umumnya cukup berpendidikan.
Memang, perbedaan akan selalu timbul, namun bila kita menyikapinya dengan arif dan bijaksana dan tentunya pula harus dengan sosialisasi yang baik, maka perbedaan yang timbul tidak akan berdampak negatif secara keseluruhan. Perbedaan adalah sesuatu yang tidak umum, maka bila perbedaan itu muncul akan selalu ada efek karenanya.
Contoh, bila kita mempunyai 5 orang anak, kemudian anak yang nomor tiga kita beri sepotong kue, besar kemungkinan anak-anak yang lain akan protes, namun bila kita memberikan penjelasan, bahwa anak yang kita beri kue tersebut sedang sakit, mungkin anak-anak yang lain akan sedikit mengerti.
Dan bagi kita yang sudah dewasa dan mempunyai akal tentu akan maklum, walaupun mungkin tidak menjamin 100% mengerti akan penjelasan itu bagi semua orang, tapi cukuplah membantu.
Suatu team-work akan selalu bahu membahu dalam satu pekerjaan/masaalah, disini tidak boleh ada yang namanya dengki, iri dan wah… ini temenku…… bila saja dalam satu Team-work ada yang punya sifat dan perasaan demikian tidaklah itu dinamakan Team-work. Memang kita tidak pula memungkiri bahwa barangkali ada satu diantara Team-work yang pembawaanya agak berbeda, nah disinilah kewajiban kita sebagaI seorang teman untuk mengarahkannya, kalu kita tidak sanggup tentu ada rekan lain dalam team itu yang mungkin diseganinya, kenapa kita tidak menyampaikan padanya untuk diteruskan ?.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

kasih komen yah...